Memberikan kepercayaan pada orang yang mencintai kita lebih baik, daripada memberikan kepercayaan pada orang yang kita cintai ('' ) (ʃƪ´`)

Video Clip Rumor - Butiran Debu


Download video clip Rumor Butiran Debu
0

Kekayaan Indonesia

Posted by disap on 02.15

Mereka Yang Terancam Punah




Indonesia yang terkenal akan alamnya adalah tuan rumah bagi beragam fauna. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak peduli dengan kelestarian hewan-hewan tersebut. Banyak yang diburu secara ilegal, baik untuk dijual sebagai peliharaan maupun diambil dagingnya untuk obat. Hal tersebut membuat jumlahnya merosot turun dan terancam punah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 
OrangUtan
Hewan primata ini dapat ditemukan di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara, yaitu di Kalimantan dan Sumatera serta sebagian kecil di wilayah Malaysia. Orangutan lebih banyak menghabiskan harinya di atas pepohonan lebat dan membuat sarang dari dedaunan. Mereka bahkan tidak perlu turun ke bawah jika ingin minum. Biasanya mereka akan minum air yang terkumpul di lubang-lubang antara cabang pohon. Keadaan tersebut membuat mereka terlatih untuk dapat bergerak cepat dari pohon ke pohon, berayun pada cabang-cabangnya. Walau termasuk hewan omnivora, orangutan lebih suka makan tumbuhan dan buah-buahan. Terkadang mereka juga melahap hewan-hewan kecil lainnya, loh. Keberadaannya mulai terancam saat manusia merusak habitat tempat tinggalnya dan menjual bayi-bayi orangutan secara ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan.

Badak Jawa
Badak Jawa disebut juga badak bercula satu. Walaupun namanya adalah badak jawa, hewan ini tidak hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa, melainkan terdapat di seluruh nusantara, bahkan hingga sepanjang Asia Tenggara serta India dan Tiongkok. Mereka suka sekali berkumpul di kubangan lumpur. Aktivitas tersebut membuat mereka dapat menjaga suhu tubuh dan membantu mencegah datangnya penyakit dan parasit. Saat ini keberadaan badak jawa sangat langka. Faktor utama penyebab merosotnya jumlah mereka adalah perburuan untuk diambil culanya yang konon sangat berharga dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Cula tersebut dijual dengan harga berkali lipat mahalnya di pasar gelap. Saat ini badak jawa diketahui masih hidup di dua tempat, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon di ujung barat Pulau Jawa, serta di Taman Nasional Cat Tien di sebelah utara Kota Ho Chi Minh.

Harimau Sumatera
Sesuai namanya, harimau sumatera hanya dapat ditemukan di Pulau Sumatera. Hewan ini merupakan sub spesies harimau terkecil. Belang di tubuhnya lebih tipis dibandingkan spesies harimau lain, namun mereka punya lebih banyak janggut, terutama pada harimau jantan. Ukuran tubuhnya yang kecil memudahkan mereka untuk menjelajahi rimba. Mereka juga mampu berenang dengan cepat karena pada sela-sela jarinya terdapat selaput. Makanan mereka tergantung dari tempat tinggal dan seberapa berlimpah mangsanya. Oleh karena itu saat tempat tinggalnya dirusaki manusia, mereka kekurangan makanan sehingga sulit bertahan hidup. Diperkirakan jumlah harimau sumatera hanya tersisa 400 ekor. Sebagian besar hidup di cagar alam dan taman nasional. Sisanya tersebar di hutan-hutan yang akhirnya ditebangi untuk lahan pertanian.

Penyu Laut
Penyu sudah hidup sejak 145 hingga 208 juta tahun yang lalu, seusia dengan dinosaurus. Mereka telah bertahan dari berbagai ancaman alamiah dengan cara berevolusi dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekeliling mereka. Saat ini terdapat tujuh jenis penyu di dunia, yang enam di antaranya terdapat di Indonesia. Namun mereka terancam punah karena kehancuran habitat dan tempat bersarang, penangkapan dan perdagangan ilegal, juga karena eksploitasi lingkungan yang berbahaya. Tempurung mereka kerap diambil untuk dijadikan cinderamata, sementara dagingnya diambil untuk dijadikan santapan serta obat dan ramuan kecantikan. Untuk mencegah kepunahan penyu, didirikan stasiun penetasan di tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat bertelur, untuk melindungi serta mengawasi mereka kembali ke habitatnya di laut. Di Indonesia, stasiun penetasan terdapat di pantai selatan Jawa Barat (Pangumbahan), pantai selatan Bali, Kalimantan Tengah, dan pantai selatan Lombok serta Jawa Timur (Alas Purwo). Jika kita ke sana pada musim penyu bertelur, kita bisa ikut serta melihat saat pelepasan bayi-bayi penyu ke laut, loh.

Masih ada beberapa hewan lagi yang terancam punah selain ke empat hewan di atas. Oleh karena itu, kita harus ikut serta dalam upaya pelestarian mereka. Cintai lingkunganmu dan jangan pernah membeli hewan peliharaan yang dijual secara ilegal, ya.

|

0 Comments

Posting Komentar

Blogger templates

Blogger News


Copyright © 2009 ♥☆ Disyaff (✿◠‿◠) ☆♥ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.