Memberikan kepercayaan pada orang yang mencintai kita lebih baik, daripada memberikan kepercayaan pada orang yang kita cintai ('' ) (ʃƪ´`)

Video Clip Rumor - Butiran Debu


Download video clip Rumor Butiran Debu
1
Posted by disap on 02.15

poster dan slogan


Ciri-Ciri Poster
         Bahasa poster singkat, padat, dan komunikatif
         Bahasa poster bersifat persuasif
         Biasanya poster dilengkapi gambar, warna, foto, atau ilustrasi
Ciri-Ciri Slogan
         Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat
         Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat
         Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat


1. Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Dalam iklan, slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan yang diulang-ulang sehingga mudah diingan publik.
Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih dikenal.
Selain iklan, slogan juga dapat digunakan pada saat kampanye, contohnya kampanye anti narkoba, anti korupsi dan kampanye pemilihan kepala daerah.
Kalimat-kalimat slogan haruslah kreatif dan juga tidak ketinggalan zaman. Maka dengan itu, masyarakat publik akan semakin mudah mengingat dan juga slogan tersebut akan dikenal.
Penggunaan slogan yang berhasil terlihat dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan itu berhasil, maka hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang akan mengetahui apa jenis produk yang memakai slogan tersebut.
 MEMBUAT SLOGAN
            Untuk membuat slogan, maka anda haruslah mengerti fungsi slogan terlebih dahulu. Slogan dapat berfungsi untuk pendidikan masyarakat, memacu semangat, cita-cita, iklan komersial, atau propaganda politik.
            Kedua, adalah anda harus mengetahui pasti siapa yang menjadi tujuan utama slogan. Apakah remaja, anak-anak, atau orang dewasa.
            Setelah itu anda dapat membuat slogan yang berkriteria sebagai berikut:
  • Merupakan hal baru, tidak biasa, dan unik.
  • Juga dapat menggunakan permainan bunyi dalam kata atau rima.

2. Poster
            Poster merupakan iklan atau pengumuman yang diproduksi secara massal. Biasanya ditulis atau dicetak di atas kertas berukuran besar, dihiasi gambar dan berwarna-warni dan ditempel di tempat umum.
            Umumnya poster memiliki tujuan komersial—untuk mengiklankan suatu barang atau pengumuman suatu event. Namun kadang-kadang berguna sebagai pengumuman yang mendidik masyarakat, alat propaganda, atau murni sebagai hasil karya seni.
            Poster dan slogan saling berkaitan. Slogan digunakan sebagai kalimat dalam poster dan poster biasanya digunakan untuk mempublikasikan slogan.

MEMBUAT POSTER
  • Tentukan konsep pokok yang akan dipublikasikan.
  • Pahami kembali intisari yang tertulis di dalam poster.
  • Tentukan ukuran poster.
  • Tentukan unsur-unsur yang akan digunakan untuk mengisi poster.
Poster memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Judul harus terlihat dari jarak 7-10 meter.
  • Gunakan sedikit variasi huruf, gunakan huruf-huruf yang mudah terbaca.
  • Untuk memberi penekanan pada huruf, gunakan BOLDUNDERLINE, atau beri warna. Jangan gunakan huruf miring karena sulit dibaca.
  • Teks kecil dapat dibaca dari jarak kurang lebih 3 meter.
  • Perbandingan yang disarankan: teks 20% dari poster, grafis 40% dari poster, sisanya kosong.
  • Warna dasar yang samar-samar, tetapi isi poster berwarna terang.


Bahasa poster singkat, padat,
dan komunikatif. 
· Bahasa poster bersifat persuasif .
Cirri-ciri poster :
-          ada kata2 ajakan
-          kata ajakannya tersurat.
Cirri –ciri slogan :
-          Ada kata2 ajakan
-          Kata ajakannya tersirat.

Poster dan slogan sama-sama merupakan alat/media untuk memberitakan sesuatu yang ditujukan kepada masyarakat/khalayak ramai. Poster dan slogan harus disusun dengan bahasa yang singkat, padat, dan kreatif agar dapat menarik atau memancing perhatian orang banyak. Oleh karena itu, poster dan slogan merupakan bagian dari iklan.


Poster merupakan plakat atau tempelan yang biasanya berisi pengumuman dan ditempel di tempat-tempat umum. Bahasa yang digunakan dalam poster haruslah singkat, mudah dimengerti, dan mudah diingat. Selain itu, harus menarik perhatian bagi orang yang melihat dan membacanya.
Slogan merupakan kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat. Slogan biasanya bertujuan menumbuhkan semangat atau motivasi.
Contoh:
Sekali merdeka, tetap merdeka
Sekali di udara, tetap di udara
TVRI menjalin persatuan dan kesatuan


|

1 Comments


Terima kasih atas infonya...

Cuman mau saran aja lebih baik dilengkapi gambar, agar lebih memahami perbedaannya..

Terima kasih

Posting Komentar

Blogger templates

Blogger News


Copyright © 2009 ♥☆ Disyaff (✿◠‿◠) ☆♥ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.